Ketahui Tentang Seluk Beluk Out Of Home Advertising

Apakah Anda sering melihat iklan billboard besar di tengah jalan? Ternyata, contoh iklan luar ruang atau outdoor advertising adalah billboard.

Sebagian besar perusahaan saat ini menggunakan iklan online untuk mengiklankan produk mereka. Namun, ternyata teknik outdoor advertising masih efektif menarik minat calon konsumen.

Apakah Anda ingin tahu semua detailnya? Yuk, simak selengkapnya!

Apa itu Out Of Home Advertising?

Out of home advertising (OOH advertising), juga dikenal sebagai iklan di luar rumah, adalah jenis iklan yang menargetkan pelanggan saat mereka jauh dari rumah. Dengan demikian, iklan OOH menjangkau audiens “on the go” atau saat bepergian. Iklan luar ruang bersifat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan target audiens Anda sesuai dengan kebiasaan mereka. Semua bisnis bisa mendapatkan keuntungan dari out of home advertising untuk mempromosikan merek mereka dan mengkomunikasikan pesan mereka.

Jenis Out Of Home Advertising

Karena fokus iklan OOH adalah audiens “mobile”, iklan ditempatkan di tempat umum. Berikut adalah tiga jenis iklan luar ruang yang paling populer.

1. Billboard

Billboard, atau iklan papan reklame, adalah salah satu, jika bukan media paling terkenal yang identik dengan iklan luar ruang. Spanduk ini telah banyak digunakan sejak awal abad ke-19 dan tetap menjadi salah satu bentuk iklan luar ruang yang paling populer saat ini.

Penggunaan billboard sebenarnya cukup fleksibel. Anda dapat menemukan papan reklame dalam berbagai ukuran dan tersedia di banyak tempat. Pasti Anda sering melihat reklame di sepanjang jalan kan?

Saat ini, billboard terdiri dari berbagai format. Apa yang sering Anda lihat di sepanjang jalan sering disebut billboard statis. Kini dengan berkembangnya teknologi, Anda juga bisa sering melihat billboard digital berupa layar LED yang menampilkan iklan.

Billboard bisa menjadi pilihan untuk bisnis apapun. Selama Anda dapat membuat gambar yang menarik dan mengomunikasikan pesan pemasaran Anda secara efektif, Anda dapat beriklan di papan reklame. Sebagian besar bisnis menggunakan jenis iklan luar ruang ini untuk meningkatkan brand awareness, produk, atau promosi.

2. Retail Advertising

Salah satu jenis iklan luar ruang yang paling populer adalah iklan ritel, atau penempatan iklan di gerai ritel seperti toko dan pusat perbelanjaan. Teknologi pencetakan yang semakin canggih juga memberikan kemampuan bagi bisnis untuk mencetak iklan yang menarik dan menarik. Iklan ritel sering digunakan untuk mempromosikan bisnis di media iklan, seperti untuk toko pakaian di pusat perbelanjaan. Hal ini dilakukan untuk mengundang pelanggan untuk mengunjungi toko mereka.

Iklan retail juga terdiri dari banyak jenis, sehingga sebuah bisnis dapat memilih jenis iklan retail yang tepat untuk bisnisnya. Ini adalah beberapa iklan yang sering Anda lihat di berbagai permukaan di lift, lantai atau pusat perbelanjaan.

Salah satu alasan mengapa iklan ritel begitu populer adalah karena membantu bisnis melihat hasil lebih cepat dengan format ini. Berbeda dengan billboard yang sering digunakan untuk meningkatkan brand awareness, retail advertising sering dilakukan untuk meningkatkan traffic  dan penjualan toko.

3. Vehicle Advertising

Meskipun iklan statis, seperti papan reklame, adalah cara yang efektif untuk membangun brand awareness, jumlah orang yang Anda jangkau terbatas pada area tempat papan reklame Anda ditempatkan. Sekarang Anda dapat menjangkau audiens target Anda di area yang lebih luas dengan iklan kendaraan atau iklan kendaraan. Jenis iklan yang benar-benar “on-the-go” ini ditempelkan ke kendaraan sehingga orang dapat melihat iklan tersebut saat kendaraan berjalan. Iklan mobil yang banyak Anda lihat saat ini mungkin untuk taksi, bus, dan mobil online. Jenis iklan ini menjadi semakin populer karena terbukti membantu meningkatkan kesadaran merek secara lebih luas.

Apa yang Membuat Out Of Home Advertising Populer?

Menurut Anda mengapa Anda akan menggunakan iklan luar ruang ketika mungkin beberapa dari Anda mungkin dapat menggunakan iklan online? Beberapa pembeli media mengatakan bahwa iklan online sebenarnya tidak semudah itu. Semakin banyak orang sekarang menggunakan pemblokir iklan untuk menghindari melihat iklan yang Anda posting. Bagi mereka yang tidak memasang pemblokir iklan, mereka selalu mendapatkan semua jenis iklan, dan agak sulit bagi sebuah merek untuk benar-benar menonjol.

Dengan iklan OOH, Anda tidak perlu khawatir akan diabaikan. Layar ini biasanya langsung menarik perhatian orang yang lewat. Apalagi jika iklan Anda unik. Selain itu, kemungkinan besar orang-orang juga akan lebih ingat kalau mereka melihat iklan Anda melalui billboard atau layar TV di restoran. Sebuah riset dari Ocean NeuroScience mengatakan bahwa pelanggan akan lebih mungkin klik sebuah iklan mobile kalau mereka sudah pernah melihat iklan out-of-home nya sebelumnya. Selain itu, hasil riset Nielsen juga membuktikan bahwa orang lebih mungkin mencari tahu tentang sebuah produk setelah mereka melihat produk itu di out of home advertising.